Selasa, 18 Desember 2012

proposal kewirausahan,, be success,!!!


BAB I
PROFIL PERUSAHAAN

A.    Nama Bentuk Perusahaan
1.      L'E Studio Photo.
2.      Jl.Pasar Cineam
3.      Bentuk usaha perseorangan.
B.     Logo Perusahaan
C.    Visi Perusahaan
Menjadi Studio photo yang berkualitas yang memiliki daya saing yang kuat.
D.    Misi Perusahaan
Kepuasan konsumen adalah hal utama. Dengan memahami apa yang konsumen perlukan dalam sebuah keinginannya tentunya hal yang pertama diperhatikan adalah melayani photo studio, cetak photo, dan segala aksesoris photo dengan kualitas hasil yang baik.
E.     Tujuan Perusahaan
Studio photo ini didirikan dengan tujuan untuk menyalurkan hobi dan keinginan berwirausaha. Memulai bisnis kecil menjadi sebuah usaha besar yang memberikan banyak manfaat bagi bagi banyak orang.
F.     Bidang Usaha Perusahaan
Perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha photo studio, baik in-door maupun out-door, cetak photo, dan segala aksesoris yang berhubungan dengan photo. 

G.    Susunan Pengurus
Pemilik                                             :
Administrasi                                    :
Marketing                                        :

H.    Modal yang Diinvestasikan
Perusahaan ini diawali dengan modal sebesar Rp.
Adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan Studio Photo ini yaitu:
INVESTASI AWAL
1.      1 Set netbook                                                               Rp.2.200.000,-
2.      Kamera SLR digital                                                     Rp.5.000.000,-
3.      Printer Photo Epson R230X                                        Rp.1.700.000,-
4.      Alat Trasfer dari HP                                                    Rp.   100.000,-
5.      Layar Background                                                       Rp.    400.000,-
BIAYA INVESTASI                                                 Rp. 9.400.000,-

BIAYA OPERASIONAL / BULAN
1.      Tinta Printer 1 set (6 warna/100ml)                             Rp.150.000,-
2.      Kertas Photo ukrn A4 300lbr                                      Rp.250.000,-
3.       Listrik                                                                         Rp.  50.000,-

TOTAL BIAYA OPERASIONAL                                Rp.450.000,-



BAB II
LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Berawal dari adanya ide untuk menyalurkan hobi dan rasa suka terhadap design serta seni. Keinginan itu di dukung dengan adanya rasa ingin berwirausaha kecil-kecilan. Ide tersebut di konsultasikan terhadap kedua orang tua saya, dan mereka juga mendukung ide usaha ini.
Adapun idenya yaitu mendirikan sebuah studio photo mini di daerah Cineam, yang beralamatkan di jalan pasar Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Studio photo ini melayani photo langsung di tempat. Spesialis menawarkan paket photo hemat dan murah, yaitu di Photo+Cetak 2R hanya 1.000,- dengan trik seperti ini diharapkan menarik banyak kalangan terutama konsumen menegah ke bawah, seperti anak-anak, remaja dan orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya, karena dengan harganya yang 1000 rupiah sangat murah.
Selain menawarkan paket hemat photo 1.000 dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi, saya juga menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan spanduk nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka lebih tertarik.

  


BAB III
ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A.    Analisis 6 Pelaku Utama dalamBisnis
1.      Company (Perusahaan)
Perusahaan adalah sutu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memaksimalkan laba. Begitu pula dengan usaha ini, yang memaksimalkan laba dari modal yang sekecil-kecilnya.
Usaha ini bergerak di bidang studio photo, meliputi photo langsung di tempat, spesialis menawarkan paket photo hemat dan murah.
2.      Customer (konsumen/pelanggan)
Sebuah bisnis sangat tergantung dengan konsumen. Bagi perusahaan ini konsumen adalah segalanya, kepuasan konsumen yang harus di utamakan, dengan adanya konsumen segala urusan dapat berjalan dan berputar layaknya usaha.
Pelanggan atau konsumen dari usaha studio photo ini yaitu kebanyakan dari kalangan terutama konsumen menegah ke bawah, seperti anak-anak, remaja dan orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya,
3.      Competitor (Pesaing)
Pesaing juga mempunyai peran penting bagi perusahaan ini untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas usaha kami, dengan adanya pesaing dapat memnjadi motivasi, pendorong dan pemicu usaha ini agar selalu berkembang dan menjadi suatu usaha yang tidak tersaingi.
Pesaing yang menjadi saingan usaha studio photo ini yaitu adanya warnet-warnet yang juga menerima cetakan photo, serta masyarakat sudah banyak menggunakan handphone berkamera.
4.      Chanel (perantara)
Untuk channel, usaha ini tidak memiliki perantara, dimana usaha ini dilakukan secaralangsung, dan promosi lewat spanduk serta brosur-brosur atau pamphlet.
5.      Center (pemasok)
Pemasok barang yang kita butuhkan senantiasa selalu menyediakan barang-barangnya dengan sebaik mungkin dan tentunya untuk memberikan nilai jual yang tinggi. Yang menjadi pemasok ke studio photo ini yaitu dari toko aksesoris photo dan frame photo.
6.      Change (kekuatan perusahaan di dalam mengadaptasi lingkungan)
Selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, dan mempunyai citra yang baik di mata masyarakat, menawarkan paket hemat photo 1.000 dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi, saya juga menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan spanduk nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka lebih tertarik.

1.      Analisis dan Matrik SWOT/TOWS
Internal 5-7
NO.
Strenghts (Kekuatan)
1.       
Masih jarang keberadaan Studio Photo di wilayah Cineam.
2.       
Tempat strategis karena berada di sekitar tempat keramaian dan pasar.

NO.
Weaknesses (Kelemahan)
1.       
Masyarakat masih suka untuk berfoto dengan menggunakan kamera handphone, minat terhadap studio photo masih kurang.




Eksternal
NO.
Oppuntunities (Peluang)
1.       
Menjadi Studio Photo yang diminati oleh para konsumen
2.       
Mengubah kebiasaan masyarakat yang biasa berfoto dengan kamera handphone dengan di studio photo.

NO.
Threats (Ancaman)
1.       
Banyaknya warnet kecil yang melayani cetak photo.



 BAB IV
STRATEGI PERUSAHAAN

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia digunakan sebagai kekuatan perusahaan dalam pemasaran, selain melayani jasa photo di tempat, usaha ini juga mempunyai SDM yang mempunyai keterampilan khusus dalam pemasaran, beretika dan berdedikasi tinggi terhadap perusahaan.
  1. Manajemen Operasi/Jasa
Suatu perusahaan akan menjadi besar apabila salah satunya menawarkan pelayanan yang baik, kami mewajibkan para SDM atau karyawan untuk selalu bersikap ramah dan melayani konsumen dengan  sopan santun. Konsumen adalah raja, selalu kami yakinkan agar selalu memberikan yang terbaik bagi karyawan.
  1. Manajemen Keuangan
Pemilik berlaku adil, setiap pemasukan, pengeluaran di tulis secara terperinci dan tersusun rapi dalam pembukuan khusus.
  1. Manajemen Pemasaran
Pemasaran dilakukan dengan cara melalui media jejaring sosial seperti facebook dan twitter, namun tidak hanya itu juga menggunakan brosur dan menawarkan harga promo di awal pembukaan outlet studio photo ini. 

BAB VI
PENUTUP
A.     Simpulan
Untuk mendirikan sebuah bisnis, sangat di butuhkan rencana yang matang, namun apalah arti sebuah rencana apabila tidak di sertai niat dan tekad untuk berusaha memulai bisnis tersebut dari nol. Ketakutan dan keraguan adalah sesuatu yang akan dirasakan sesaat, itu akan hilang apabila kita selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab dalam setiap langkah yang diambil.
Bisnis bukan berarti kita mengorbankan segala sesuatu yang kita punya untuk mendapat keuntungan yang berlimpah, namut sesuatu yang kecilpun tidak menutup kemungkinan akan menjadi sesuatu yang besar. Bisnis merupakan usaha kita dalam mengelola modal yang kita punya untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar