BAB
I
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Nama Bentuk Perusahaan
1.
L'E Studio Photo.
2.
Jl.Pasar Cineam
3.
Bentuk usaha perseorangan.
B. Logo Perusahaan
C. Visi Perusahaan
Menjadi Studio photo yang berkualitas yang memiliki daya saing yang
kuat.
D. Misi Perusahaan
Kepuasan konsumen adalah hal utama. Dengan memahami apa yang konsumen
perlukan dalam sebuah keinginannya tentunya hal yang pertama diperhatikan
adalah melayani photo studio, cetak photo, dan segala aksesoris photo dengan
kualitas hasil yang baik.
E. Tujuan Perusahaan
Studio photo ini
didirikan dengan tujuan untuk menyalurkan hobi dan keinginan berwirausaha. Memulai bisnis kecil menjadi sebuah usaha
besar yang memberikan banyak manfaat bagi bagi banyak orang.
F. Bidang Usaha Perusahaan
Perusahaan ini bergerak
dalam bidang usaha photo studio, baik in-door maupun out-door, cetak photo, dan
segala aksesoris yang berhubungan dengan photo.
G. Susunan Pengurus
Pemilik :
Administrasi :
Marketing :
H.
Modal
yang Diinvestasikan
Perusahaan
ini diawali dengan modal sebesar Rp.
Adapun
alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan Studio Photo ini yaitu:
INVESTASI AWAL
1. 1 Set netbook Rp.2.200.000,-
2. Kamera SLR digital Rp.5.000.000,-
3. Printer Photo Epson R230X Rp.1.700.000,-
4. Alat Trasfer dari HP Rp. 100.000,-
5. Layar Background Rp. 400.000,-
BIAYA
INVESTASI Rp.
9.400.000,-
BIAYA OPERASIONAL / BULAN
1. Tinta Printer 1 set (6 warna/100ml) Rp.150.000,-
2. Kertas Photo ukrn A4 300lbr Rp.250.000,-
3. Listrik Rp. 50.000,-
TOTAL BIAYA OPERASIONAL Rp.450.000,-
BAB II
LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN
Berawal
dari adanya ide untuk menyalurkan hobi dan rasa suka terhadap design serta
seni. Keinginan itu di dukung dengan adanya rasa ingin berwirausaha
kecil-kecilan. Ide tersebut di konsultasikan terhadap kedua orang tua saya, dan
mereka juga mendukung ide usaha ini.
Adapun
idenya yaitu mendirikan sebuah studio photo mini di daerah Cineam, yang
beralamatkan di jalan pasar Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Studio photo ini
melayani photo langsung di tempat. Spesialis menawarkan paket photo hemat dan murah, yaitu di
Photo+Cetak 2R hanya 1.000,- dengan trik seperti ini diharapkan menarik banyak
kalangan terutama konsumen menegah ke bawah, seperti anak-anak, remaja dan
orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya, karena dengan harganya
yang 1000 rupiah sangat murah.
Selain menawarkan paket hemat photo
1.000 dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi, saya juga menerima cetak dari HP,
kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan
spanduk nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha ini spesialis dalam mencetak photo,
ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka
lebih tertarik.
BAB
III
ANALISIS
LINGKUNGAN BISNIS
A. Analisis
6 Pelaku Utama dalamBisnis
1. Company
(Perusahaan)
Perusahaan adalah sutu organisasi dimana sumber daya (input) dasar
seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan
barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Hampir di semua perusahaan
mempunyai tujuan yang sama, yaitu memaksimalkan laba. Begitu pula dengan usaha
ini, yang memaksimalkan laba dari modal yang sekecil-kecilnya.
Usaha ini bergerak di
bidang studio photo, meliputi photo langsung di tempat, spesialis menawarkan paket photo
hemat dan murah.
2. Customer
(konsumen/pelanggan)
Sebuah bisnis sangat tergantung dengan konsumen. Bagi perusahaan ini
konsumen adalah segalanya, kepuasan konsumen yang harus di utamakan, dengan
adanya konsumen segala urusan dapat berjalan dan berputar layaknya usaha.
Pelanggan atau konsumen
dari usaha studio photo ini yaitu kebanyakan dari kalangan terutama konsumen menegah ke bawah, seperti
anak-anak, remaja dan orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya,
3. Competitor
(Pesaing)
Pesaing juga mempunyai peran penting bagi perusahaan ini untuk selalu
meningkatkan mutu dan kualitas usaha kami, dengan adanya pesaing dapat memnjadi
motivasi, pendorong dan pemicu usaha ini agar selalu berkembang dan menjadi
suatu usaha yang tidak tersaingi.
Pesaing yang menjadi
saingan usaha studio photo ini yaitu adanya warnet-warnet yang juga menerima
cetakan photo, serta masyarakat sudah banyak menggunakan handphone berkamera.
4. Chanel
(perantara)
Untuk channel, usaha ini tidak memiliki perantara, dimana usaha ini
dilakukan secaralangsung, dan promosi lewat spanduk serta brosur-brosur atau
pamphlet.
5. Center
(pemasok)
Pemasok barang yang kita butuhkan senantiasa selalu menyediakan
barang-barangnya dengan sebaik mungkin dan tentunya untuk memberikan nilai jual
yang tinggi. Yang menjadi pemasok ke studio photo ini yaitu dari
toko aksesoris photo dan frame photo.
6. Change (kekuatan
perusahaan di dalam mengadaptasi lingkungan)
Selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi
konsumen, dan mempunyai citra yang baik di mata masyarakat, menawarkan paket hemat photo 1.000
dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi, saya juga menerima cetak dari HP, kamera,
Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan spanduk nama
STUDIO PHOTO, terkesan usaha ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah
dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka lebih
tertarik.
1.
Analisis dan Matrik SWOT/TOWS
Internal 5-7
NO.
|
Strenghts (Kekuatan)
|
1.
|
Masih jarang keberadaan Studio Photo di wilayah Cineam.
|
2.
|
Tempat strategis
karena berada di sekitar tempat keramaian dan pasar.
|
NO.
|
Weaknesses (Kelemahan)
|
1.
|
Masyarakat masih suka untuk berfoto dengan menggunakan kamera
handphone, minat terhadap studio photo masih kurang.
|
Eksternal
NO.
|
Oppuntunities (Peluang)
|
1.
|
Menjadi Studio Photo yang diminati oleh para konsumen
|
2.
|
Mengubah kebiasaan masyarakat yang biasa berfoto dengan kamera
handphone dengan di studio photo.
|
NO.
|
Threats (Ancaman)
|
1.
|
Banyaknya warnet kecil yang melayani cetak
photo.
|
BAB
IV
STRATEGI
PERUSAHAAN
- Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia digunakan sebagai kekuatan perusahaan dalam
pemasaran, selain melayani jasa photo di tempat, usaha ini juga mempunyai SDM
yang mempunyai keterampilan khusus dalam pemasaran, beretika dan berdedikasi
tinggi terhadap perusahaan.
- Manajemen Operasi/Jasa
Suatu perusahaan akan menjadi besar apabila salah satunya menawarkan
pelayanan yang baik, kami mewajibkan para SDM atau karyawan untuk selalu
bersikap ramah dan melayani konsumen dengan
sopan santun. Konsumen adalah raja, selalu kami yakinkan agar selalu
memberikan yang terbaik bagi karyawan.
- Manajemen Keuangan
Pemilik berlaku adil, setiap pemasukan, pengeluaran di tulis secara
terperinci dan tersusun rapi dalam pembukuan khusus.
- Manajemen Pemasaran
Pemasaran dilakukan dengan cara melalui media jejaring sosial seperti
facebook dan twitter, namun tidak hanya itu juga menggunakan brosur dan
menawarkan harga promo di awal pembukaan outlet studio photo ini.
BAB VI
PENUTUP
A.
Simpulan
Untuk mendirikan sebuah bisnis, sangat di butuhkan rencana yang matang,
namun apalah arti sebuah rencana apabila tidak di sertai niat dan tekad untuk
berusaha memulai bisnis tersebut dari nol. Ketakutan dan keraguan adalah
sesuatu yang akan dirasakan sesaat, itu akan hilang apabila kita selalu
berusaha untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab dalam setiap langkah
yang diambil.
Bisnis bukan berarti kita mengorbankan segala sesuatu yang kita punya
untuk mendapat keuntungan yang berlimpah, namut sesuatu yang kecilpun tidak
menutup kemungkinan akan menjadi sesuatu yang besar. Bisnis merupakan usaha
kita dalam mengelola modal yang kita punya untuk mendapat keuntungan yang
sebesar-besarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar